Saturday, November 1, 2014

Perbedaan Tabel dengan Div di dalam Html


Berikut ini adalah perbedaan antara Table dan Div :

Tabel 

Tabel biasanya diawali dengan tag <table> dan memiliki tag <td> (kolom) dan tag <tr> (baris).Untuk tabel biasanya penggunakan background warna, gambar dan lainya berada didalam tabel tersebut, tidak terpisah. Tabel memang mudah dipahami karena sistematis dalam pengerjaanya dan tingkat presisi elemenya pun lebih tinggi sehingga pasti kompetibel dengan kebanyakan browser.
Tetapi  sayangnya menggunakan table dapat memakan memory karena ukuranya lebih besar, sehingga tidak menutup kemungkinan loading sebuah website akan terasa lama dan juga membutuhkan bandwith yang cukup besar.

Contoh Penulisan Tabel :

<tabel>
  <tr>
     <td>baris 1, kolom 1</td>
     <td>baris 1, kolom 2</td>
     <td>baris 1, kolom 3</td>
  </tr>
</table>

 DIV

Div merupakan singkatan dari division yaitu sebuah tag html yang di gunakan untuk membuat suatu bagian atau kelompok tertentu untuk mengelompokan suatu file agar lebih mudah saat kita ingin mencarinya. Div merupakan elemen berbasis Css yang bersifat "float" sehingga bisa diletakan dimana saja.  Div sangat cocok jika digunakan untuk layout yang kompleks, ukuranya pun lebih kecil dibanding tabel sehingga tidak menyedot banyak bandwith dan loading sebuah website pun akan terasa cepat. selain itu juga menggunakan div dapat mempercepat pendeteksian di search engine. Tetapi dalam hal menggunakan div dibutuhkan ketelitian dalam hal menuliskan tag-tag div, dan ketika terjadi error cukup sulit untuk memperbaikinya apabila kita tidak mengetahui pasti dan tidak teliti dalam hal penulisan sebuah tag.

contoh penulisan tag Div dengan Css :

<div style="background: #fffff">
Isi content
</div>

Kedua elemen tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung kebutuhan anda, elemen yang mana yang pas untuk anda gunakan.

0 comments:

Post a Comment